- Dalam rangka menerapkan efisiensi di perusahaan, maka jika ada kebutuhan support di kantor cabang yang berhubungan PC/komputer dan pheriperal nya, dapat memanfaatkan jaringan (LAN) kantor yang sudah tersedia.
- Topologi jaringan yang digunakan antara kantor pusat dan kantor cabang adalah model Star.
- Sarana pertama, menggunakan Remote Desktop Connection, bawaan OS Windows.
- Jangan lupa untuk meminimalkan resource yang digunakan, seperti Display, Sound, dan Colors. Agar tidak memberatkan jaringan kantor.
- Menggunakan Remote Desktop Connection ini, user yang bersangkutan tidak dapat melihat apa yg kita kerjakan, karena posisi PC akan ter-logoff. Sehingga komunikasi akan menjadi searah.
- Agar dapat terjadi komunikasi dua arah, bisa memanfaatkan Windows NetMeeting (hanya untuk WinXP).
- Untuk mengaktifkannya, klik Start – Run – ketik conf – Enter
- Setelah mengisi info di wizardnya, akan keluar tampilan Windows NetMeeting.
- Menggunakan Windows NetMeeting ini, aplikasi harus aktif di kedua PC, IT Support dan client.
- Untuk menghubungkan, salah satu harus memanggil IP Address PC, dengan mengisinya di samping kiri gambar telepon.
- Setelah terhubung, user client dapat melakukan Share Desktop nya agar dapat dilihat oleh IT Support, dengan cara klik Tools – Sharing – pilih Desktop – klik Share – klik Allow Control – centang Automatically accept request for control
- Bisa juga memanfaatkan fasilitas Chat.
- Untuk komunikasi dua arah, dapat juga menggunakan aplikasi tambahan, seperti TightVNC, yang dapat didownload disini.
- Menggunakan TightVNC ini, harus dilakukan instalasi terlebih dahulu di PC client dan PC IT-Support nya.
- Pada saat dijalankan, user client akan dapat melihat apa yg kita kerjakan. Seolah2 PC bergerak sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar