Senin, 30 April 2012

Support ke Kantor Cabang via Remote

 

  • Dalam rangka menerapkan efisiensi di perusahaan, maka jika ada kebutuhan support di kantor cabang yang berhubungan PC/komputer dan pheriperal nya, dapat memanfaatkan jaringan (LAN) kantor yang sudah tersedia.
  • Topologi jaringan yang digunakan antara kantor pusat dan kantor cabang adalah model Star.
  • Sarana pertama, menggunakan Remote Desktop Connection, bawaan OS Windows.

rdp1

  • Jangan lupa untuk meminimalkan resource yang digunakan, seperti Display, Sound, dan Colors. Agar tidak memberatkan jaringan kantor.

rdp2 

  • Menggunakan Remote Desktop Connection ini, user yang bersangkutan tidak dapat melihat apa yg kita kerjakan, karena posisi PC akan ter-logoff. Sehingga komunikasi akan menjadi searah.

 

  • Agar dapat terjadi komunikasi dua arah, bisa memanfaatkan Windows NetMeeting (hanya untuk WinXP).
  • Untuk mengaktifkannya, klik Start – Run – ketik conf – Enter
  • Setelah mengisi info di wizardnya, akan keluar tampilan Windows NetMeeting.

rdp4

  • Menggunakan Windows NetMeeting ini, aplikasi harus aktif di kedua PC, IT Support dan client.
  • Untuk menghubungkan, salah satu harus memanggil IP Address PC, dengan mengisinya di samping kiri gambar telepon.
  • Setelah terhubung, user client dapat melakukan Share Desktop nya agar dapat dilihat oleh IT Support, dengan cara klik Tools – Sharing – pilih Desktop – klik Share – klik Allow Control – centang Automatically accept request for control

rdp5

  • Bisa juga memanfaatkan fasilitas Chat.

 

  • Untuk komunikasi dua arah, dapat juga menggunakan aplikasi tambahan, seperti TightVNC, yang dapat didownload disini.

rdp3

  • Menggunakan TightVNC ini, harus dilakukan instalasi terlebih dahulu di PC client dan PC IT-Support nya.
  • Pada saat dijalankan, user client akan dapat melihat apa yg kita kerjakan. Seolah2 PC bergerak sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar